Morata Melempem Karena Mentalnya Lemah

Alvaro Morata

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri membeber analisisnya soal krean gol Alvaro Morata yang macet. Sarri menilai mental sang striker terlalu lemah sehingga ikut mempengaruhi permainannya di atas lapangan.

Morata yang dibeli dari Real Madrid musim lalu sebenarnya tampil cukup menawan di awal karirnya bersama The Blues. Mantan striker Juventus ini sempat rutin mencetak gol bagi The Blues dalam tiga bulan pertamanya di London Barat.

Namun perlahan tapi pasti performa Morata di raksasa Premier League itu mulai menurun. Sejak awal tahun 2018 silam, Morata tercatat hanya mampu mencetak 6 gol saja bagi The Blues di semua kompetisi hingga detik ini.

Sarri menilai apa yang menyebabkan penampilan Morata merosot belakangan ini adalah karena mental sang striker yang lemah. “Apa yang sedang dialami oleh Alvaro Morata saat ini sangat sulit,” jelas Maurizio Sarri.

Punya Pengalaman
Sarri menyebut bahwa yang dialami oleh Morata mirip dengan mantan pemainnya sewaktu di Italia, Riccardo Saponara, di mana bakat besar sang pemain meredup karena mentalitasnya yang lemah.

“Ketika saya masih melatih Empoli, saya pernah memiliki sebuah pemain yang sangat luar biasa yaitu Riccardo Saponana yang akhirnya kami jual ke AC Milan.”

“Riccardo Saponara adalah salah satu pemain terbaik yang pernah saya latih dalam karir saya. Namun di balik performanya yang menawan, dia punya mentalitas yang cukup lemah dan saya melihat hal yang sama pada diri Morata.”

Bisa Lebih Baik
Sarri sendiri memiliki keyakinan bahwa Morata bisa kembali mengeluarkan kemampuan terbaiknya musim ini. Namun manajer berkebangsaan Italia ini menilai sang striker harus memperkuat mentalnya agar bisa rutin mencetak gol kembali.

“Alvaro sudah mencetak 4 atau 5 gol dalam enam pertandingan terakhir, jadi saya tidak melihat ada masalah yang besar pada dirinya. Saya harap dia bisa kembali ke bentuk permainan terbaik dan mencetak lebih banyak gol musim ini.”

“Setiap musim dia biasa mencetak 15-16 gol, jadi dia sudah hampir berada di level rata-rata gol musimannya. Saya sendiri sering bicara dengannya, namun di atas lapangan dia sendirian. Saya rasa saat ini dia tidak bermain mendekati potensi terbaiknya dan itu sangat sulit.” tandasnya.

Rotasi Pemain
Karena performanya yang masih naik turun sejauh ini, Sarri biasanya melakukan pergantian di posisi penyerang antara Morata dan Olivier Giroud.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *